by

Biografi Ungku Saliah

-Serambi-174 views

NarasiNews, – Pasti banyak diantara kita bertanya tanya siapa foto kakek yang terpajang disetiap warung nasi Padang. Tak sedikit juga kita penasaran siapa orang yang ada di foto tersebut.pasti beberapa orang akan mengira kalau foto itu merupakan foto dari pemilik restoran. Faktanya, foto tersebut adalah seorang ulama yang dikenal di wilayah Pariaman bernama Ungku Saliah.Siapa Ungku Saliah?mari kita bahas!

Biografi Ungku Saliah

Ungku Saliah memiliki nama asli Syech Kiramatulla Ungku Saliah. Beliau lahir sekitar tahun 1887 dan dikenal sangat memperhatikan rakyat miskin. Sejak umur 15 tahun, Ungku Saliah mendalami ilmu agama dengan ulama Syekh Muhammad Yatim Tuangku Mudiak Padang di Surau Klampaian Ampalu Tingi. Tak hanya itu, ia juga berguru kepada beberapa tokoh agama yang ada di Pariaman.
*Perjalanan Untuk Menuntut Ilmu

Menurut sejarahnya, Ungku Saliah juga sempat berguru kepada dua ulama besar lainnya Seperti Syekh Aluma Nan Tuo di Koto Tuo, Bukittinggi dan memperdalam ilmu tarekat kepada Syekh Abdurrahman di Surau Bintungan Tinggi. Ungku Saliah wafat pada 3 Agustus 1974.

Ungku Saliah juga dipercaya mendapat kemampuan melebihi manusia biasa yang diberikan ALLAH SWT. Beliau dipercaya bisa melihat beberapa kejadian yang akan datang, menyembuhkan orang sakit, berpindah dari satu tempat ketempat lain dengan cepat dan beberapa kelebihan lainnya.
Berdasarkan catatan sejarah, Ungku saliah juga pernah ikut berjuang dan membantu tentara kemerdekaan RI dalam perang melawan penjajahan Belanda.

Salah seorang pedagang di Padang Pariaman menyebutkan, memajang foto Ungku Saliah merupakan sebuah bentuk penghormatan dan sebagai sebuah tanda jikalau rumah makan itu merupakan pemilik asli atau keturunanan dari Orang Pariaman asli. Beliau juga sebagai contoh keteladanan orang Piaman yang telah berjasa mengajarkan ajaran islam kepada masyarakat.

Walahualam…..

Alfatihah…..

ulamanusantara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita