by

Eks Sekda M.Nasir Menjalani Pidana Penjara Selama 10 Tahun Telah Berkekuatan Hukum Tetap (inkracht)

NarasiNews, Jakarta. – Komisi Pemberantasan Korupsi  melalui Josep Wisnu Sigit dan Dormian selaku Jaksa Eksekusi KPK pada Kamis (18/6/2020) memasukkan terpidana Mantan Sekretaris Daerah Kota Dumai M. Nasir itu ke Rumah Tahanan Klas II B Pekanbaru untuk menjalani pidana penjara selama 10 tahun dan 6 bulan di kurangi selama berada dalam tahanan


Menurut Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri SH MH, melalui keterangan rilisnya kepada media ini melalui Putusan Mahkamah Agung RI No. 1636 K / Pid.Sus / 2020 tanggal 19 Mei 2020 jo Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Tinggi Pekanbaru No.23 / Pid.Sus / TPK / 2019 / PT. PBR tanggal 13 Nopember 2019 di perkara atas nama Terpidana M. Nasir telah membuktikan dalam melakukan tindak pidana korupsi proyek peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih, Bengkalis

Ali Fikri SH MH, juga menerangkan selain itu Terpidana juga menyetujui untuk membayar denda sebesar Rp600.000.000,00 subsider 6 bulan kurungan dan pembayaran uang sebesar Rp2.000.000.000,00, jika tidak dibayarkan maka dana bendanya disita dan dilelang oleh Jaksa untuk Meminta uang dengan syarat ini dilindungi undang-undang karena tidak memiliki harta benda yang mencukupi, maka dipidana dengan penjara selama 1 tahun.


Perkara ini berawal dari proyek peningkatan jalan Batu Panjang – Pangkalan Nyirih Kabupaten Bengkalis, perusahaan Makmur alias Aan akan tetapi tidak memenuhi persyaratan, sehingga Makmur mengundang rekannya yang ditunjuk Ismail untuk diundang Hobi Ungkap Ali Fikri.


Pada Desember 2012 di Hotel Peninsula Jakarta,M.Nasir bersama mantan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, Bertemu Makmur dan rekannya dari Kontraktor Pada pertemuan itu,Nasir dan Herliyan menujuk perusahaan yang akan mengerjakan paket-paket proyek multiyears di Kabupaten Bengkalis.padahal, saat itu proses lelang belum di laksanakan.


Perbuatan dianggap telah melangar Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1)  ke -1 Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP Ujar Ali Fikri Mengakhiri nya.

(Rozali)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita