by

Fakta Bajaj Qute, Mobil Murah India di Bawah Rp100 Juta

-Otomatif-542 views

NarasiNews. Jakarta, – Mobil ‘mungil’ Bajaj Qute mendadak ramai jadi perbincangan di media sosial. Kendaraan berkapasitas empat orang ini dinilai menjadi alternatif sebagian orang yang ingin membeli mobil, namun kantong pas-pasan. Qute pun sebetulnya bukan barang baru. Tiga tahun silam atau pada 2017, kendaraan ini mengaspal di Jakarta, namun statusnya hanya dijadikan sebagai moda transportasi pengganti bemo.

“Jadi itu sebagai pengganti Bemo dan wilayah operasinya Jakarta Pusat, Jakarta Selatan,” kata Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan saat dihubungi melalui telepon, Selasa (18/2).
Lihat juga : Mengenal Bajaj Empat Roda yang Sedang Naik Daun. Sempat ramai juga dibicarakan soal harga bajaj ini yang disebut seharga motor Honda Beat atau di kisaran Rp17 juta. Ketika dikonfirmasi, Shafruhan mengaku tidak tahu harga pasaran Qute saat ini. Namun saat pertama diperkenalkan di Indonesia pada 2017, satu unitnya dibeli sekitar Rp.70 jutaan. Mobil tersebut menjadi transportasi umum dengan tarif Rp.4.500 per orang.

“Jadi dulu sekitar Rp70 juta, itu beli yang model bensin. Model operasionalnya ya mirip bemo, bukan bajay yang nentuin harga karena kesepakatan,” kata Shafruhan.
Berikut fakta-fakta mengenai Qute, mengutip situs Bajaj Auto.

  1. Jarak pendek

Qute dirancang untuk perjalanan jarak dekat seperti di dalam perkotaan. Kecepatan maksimal 70 km per jam. Kendaraan ini memiliki mesin yang disesuaikan tenaganya agar tidak sebesar mobil konvensional pada umumnya. Mesin Qute mampu melepas 8,08 KW atau setara 10,8 HP.

2. Irit

Qute disebut sebagai kendaraan roda empat paling irit. Sebab konsumsi bahan bakar mesin bensin 216 cc injeksi ini mencapai 35 km per liter. Selain mesin bensin, Qute juga memiliki pilihan dengan bahan bakar gas.

3. Mungil

Dengan panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.652 mm, mobil itu mampu bergerak lincah walau jalan sedang padat kendaraan.
Sumber : CNN Indonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita