by

Galleon – Evolusi Maritim Eropa Penguasa Samudra

-Serambi-125 views

NarasiNews. – Pada abad 15 – 18 hampir semua wilayah lautan di bumi dijelajahi dan juga dikuasai oleh kapal-kapal buatan dan yang digunakan oleh bangsa Eropa yang dikenal dan dinamakan Galleon.

Jenis kapal layar ini paling banyak digunakan oleh bangsa Spanyol pada masa-masa awal penggunaanya sampai akhirnya digunakan juga oleh bangsa-bangsa Eropa lainnya.

Pada masa itu galleon digunakan dalam dunia pelayaran dengan fungsi kargo dan juga sebagai kapal tempur karena keunggulannya dalam pelayaran.

Ketika mencari dan mempelajari sumber2 internet lumayan agak sulit juga untuk mempelajari sejarah “Sang Penguasa” lautan ini sampai akhirnya saya memaksakan ingatan saya untuk mengingat berbagai literatur cetakan yang pernah saya baca sebelumnya dengan detail yang samar dan mencoba untuk menulis sekelumit kisah sang Penguasa lautan ini.

Pada era abad 15 – 18 armada-armada Galleon begitu berjaya dan banyak kisah-kisah epik pertempuran maritim yang dapat dikisahkan tentang kapal layar ini.

Galleonn paling banyak digunakan oleh armada spanyol dan dikenalkan secara meluas ke wilayah benua Eropa oleh para pelaut Iberia (Spanyol – Portugis) dan revolusi maritim ini tidak dipisahkan dari kejayaan Ummayah dan Granada di Andalusia di masa lalu.

Ketika teknologi pelayaran Eropa warisan Yunani dan Romawi bertemu dengan kepiawaian maritim bangsa Funisia dan Persia, maka lahirlah produk teknologi pelayaran yang mumpuni.

Spanyol yang telah menjalin hubungan sangat lama (disinyalir semenjak era nabi Yunus) dengan bangsa-bangsa sisi timur di laut Mediterrania telah berhasil menguasai dan mengembangkan kemampuan dan teknologi maritim yang mumpuni di masa itu.

Galleon sangat cocok digunakan sebagai kapal kargo ekspedisi dan juga militer karena keunggulan dalam kapasitas daya angkut, kemampuan manuver, daya jelajah, dan kecepatan.

Mayoritas Galleon memiliki kapasitas angkut 500 – 1000 ton walau terdapat juga galleon yang memiliki kapasitas angkut sampai 2500 ton.

Sebuah galleon militer yang besar bahkan dapat dipersenjatai lebih dari 300 unit meriam.Namaste rahayu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita