by

H Herdi Salioso Menghadiri Rapat Vaksinasi Covid-19 Pusat dan Daerah

-Berita-30 views

NarasiNews,Dumai. – Plh Walikota Dumai, H Herdi Salioso menghadiri Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau dan Bupati/Walikota se-Provinsi Riau di The Zuri Hotel. Senin (11/01/2021).

Rakor dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, dilakukan guna membahas penyampaian informasi dan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, Menko Kemaritiman dan Investasi RI, dan Mendagri RI berkenaan rencana Vaksinasi Covid-19 Pusat dan Daerah serta pengetahuan protokol kesehatan.

Didalam rapat, Wagubri menyampaikan bahwa tanggal 13 Januari 2021 proses vaksinasi akan di mulai, tentunya setelah keluar izin dari BPOM RI terkait persetujuan izin penggunaan darurat/emergency use authorization (EUA), dan vaksin ini wajib sesuai dengan Undang Undang Tentang Wabah No. 4 Tahun 1984.

Dalam kesempatan ini juga beliau menyampaikan 5 Instruksi terbaru dari Presiden RI untuk menyukseskan program vaksinasi covid-19 secara nasional.

Pertama, vaksin ini diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali. Kedua, seluruh jajaran kabinet, kementrian, lembaga, dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ketiga, Menteri Keuangan agar memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis. Keempat, Presiden RI akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksinasi covid-19 dengan tujuan memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin aman.

Dan terakhir, meminta masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kemudian H Edy Natar Nasution juga menghimbau kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Riau agar meningkatkan, mempertegas, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan selama proses vaksinasi ini berlangsung.

“Pemerintah Kabupaten/Kota dihimbau agar mengutus 10 orang yang bersedia untuk di vaksinasi baik dari Tokoh Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan lainnya dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin ini,” ucapnya.(Diskominfo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita