by

JPU KPK limpahkan berkas perkara Terdakwa ZAS ke PN Tipikor Pekanbaru

-Berita-40 views

NarasiNews,Riau. – Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi Kamis (25/03/2021) JPU KPK lakukan penyerahan tersangka dan Barang Bukti dari Tim Penyidik kepada Tim JPU setelah berkas perkara penyidikan dimaksud telah dinyatakan lengkap (P21).

Selanjutnya kembali melimpahkan berkas perkara Terdakwa Zulkifli AS ke Pengadilan Negeri Tipikor Pekanbaru.

Menurut PLT Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada media Penahanan selanjutnya menjadi kewenangan PN Tipikor dan saat ini tempat penahanan yang bersangkutan tetap dititipkan di Rutan Polres Metro Jakarta Timur.

Selanjutnya menunggu penetapan penunjukan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Terdakwa didakwa dengan dakwaan,sbb : PertamaPertama : Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.Atau Kedua : Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Pertama : Pasal 12 B UU Tipikor Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.Atau Kedua : Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah (Zul AS) dalam dugaan tindak pidana suap terkait dengan pengurusan Dana Alokasi Khusus Kota Dumai Dalam APBNP Tahun 2017 dan APBN 2018,

Seperti diketahui KPK terlah menahan Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah, setelah menjalani pemeriksaan, Selasa 17 November 2020.

Mantan Walikota Dumai ini ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi pada 3 Mei 2019.Walikota Zul AS diduga memberi suap sebesar Rp 500 juta kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan terkait dengan pengurusan anggaran DAK APBN-P tahun 2017 dan APBN tahun 2018 Kota Dumai.

Sementara terkait suap ini, Zulkifli menerima gratifikasi berupa uang senilaui Rp 50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta total kasus yang menyebabkan dia tersangka ada dua kasus.

Gratifikasi tersebut diduga berhubungan dengan jabatan dia selaku Walikota Dumai yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya serta tidak dilaporkan ke KPK dalam waktu paling lambat 30 hari kerja.(ep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita