by

Kedua Saksi Pengurusan DAK Kota Dumai itu Di Periksa KPK

-Berita-112 views

NarasiNews,Jakarta. – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melakukan pemeriksaan saksi dalam perkara suap terkait dengan pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Dumai APBNP Tahun 2017 dan APBN 2018 untuk tersangka ZAS.(Zulkifli Adnan Singkah),”

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan rilis nya menyampaikan Senin 30 Nov “Keduanya saksi di panggil Kejakarta Di gedung KPK Merah Putih untuk tersangka ZAS (Zulkifli Adnan Singkah),”

Adapun Dua saksi, yakni Rifa Surya (wirausaha/mantan Kepala Seksi Perencanaan DAK Fisik Ditjen Perrimbangan Keuangan periode Desember 2015-Desember 2017).

Ali Fikri juga memberkan Yuddi Saptopranowo (PNS/Kasubdit DAK Fisik II Direktorat Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI).

Untuk tersangka Zulkifli diduga memberi uang total sebesar Rp550 juta kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan terkait dengan pengurusan DAK Kota Dumai ungkap Ali.

Yaya Purnomo merupakan mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu jelas Ali Fikri.

Sedangkan pada perkara kedua, tersangka Zulkifli diduga menerima gratifikasi berupa uang Rp50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta.

Selanjutnya tersangka Budi diduga memberikan suap senilai Rp700 juta kepada Yaya terkait pengurusan DAK Kota Tasikmalaya jelas Ali Fikri.

Kasus tersebut merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018 dan hingga saat ini KPK telah menetapkan 12 orang tersangka,Sebelumnya enam orang telah divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Pungkas Ali Fikri.

Sumber : Release KPK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita