by

Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal, SKM menghadiri Peringatan hari Tuberkulosis (TBC)

-Berita-37 views

NarasiNews,Dumai. – Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal, SKM menghadiri Peringatan hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 49 Tahun 2021.

Acara berlangsung di Gedung Pendopo, Dumai, Selasa (23/03) dengan tema “Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa Dari Tuberkulosis”, yang bermakna untuk menunjukkan bahwa setiap detik waktu yang kita miliki berharga dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kembali memperkuat komitmen dan upaya kita bersama dalam melakukan Eliminasi TBC.

Dalam sambutannya, Hj Leni Ramaini Paisal, SKM menyampaikan bahwa TBC merupakan isu prioritas pembangunan Kesehatan nasional. Untuk itu, diharapkan kerjasama serta partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. “Kita mengharapkan dukungan semua pihak didalam program ini, agar beban kesehatan masyarakat dan ekonomi tidak semakin berat.

Karena pencegahan dan pengobatan TBC mendorong peningkatan kualitas kesehatan. Hal lain yang tak kalah penting terkait dengan gizi, apabila kebutuhan gizi tercukupi maka akan mencegah stunting dan juga menekan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sebagai pelaksanaan salah satu dari 10 Program Pokok PKK, peringatan HKG kali ini TP PKK Kota Dumai bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melaksanakan pencanangan gerakan screening tuberkulosis massal bagi Pengurus TP PKK Sekota Dumai menuju Eliminasi Tuberkulosis Tahun 2030, diikuti oleh seluruh Pengurus TP PKK di Kecamatan dan Kelurahan serta didukung para perangkatnya dan juga petugas kesehatan setempat. “Mudah-mudahan kerjasama dalam rangkaian kegiatan pencanangan ini berjalan baik, lancar dan terjalin lebih baik kedepannya, sehingga dapat mencapai target Eliminasi TB tahun 2030 di Kota Dumai,” harapnya.

Usai acara dibuka Wali Kota dalam hal ini diwakili Sekda Kota Dumai, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama, pelepasan balon pencanangan, penyuluhan TB oleh Kader PKK, screening TB untuk Pengurus PKK, dan diakhiri dengan aksi simpati turun ke jalan membagikan masker dan leaflet kesehatan.

Turut hadiri acara ini Wakil ketua TP PKK Kota Dumai, Ketua DWP Kota Dumai, Kepala OPD terkait, Camat Sekota Dumai, Ketua TP PKK Kecamatan Sekota Dumai, Kepala Puskesmas Sekota Dumai, dan Para Kader PKK.(Rozali)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita