by

Muhammadiyah dan Organisasi Kemanusiaan Bergerak Bantu Korban Gempa Turki

NarasiNews,Jakarta. – Sejumlah lembaga kemanusiaan Indonesia dan ormas Islam ikut bergerak menyalurkan bantuan untuk meringankan penderitaan korban gempa Izmir, Turki.


Aksi Cepat Tanggap, sala satu NGO terbesar di Indonesia, sejak Sabtu telah hadir langsung di Provinsi Izmir, Turki, untuk memberikan bantuan pangan kepada para korban dan mendukung kebutuhan tim SAR, tim medis, dan polisi.


Firdaus Guritno, relawan ACT di Izmir, mengatakan lembaganya mendistribusikan 550 bantuan pangan dan selimut bagi para korban gempa yang tinggal di tenda pengungsian, masjid, dan hotel.


“Kami menuju lokasi segera setelah terjadinya gempa,” ujar Firdaus kepada Anadolu Agency pada Kamis.

Firdaus juga mengatakan ACT memberikan makanan kepada para tim evakuasi yang terjun menyelamatkan para korban.


“Kami menyediakan makanan dan teh hangat untuk mendukung upaya mereka, termasuk tim medis dan polisi,” ujar Firdaus.


Sementara itu, Lembaga Kemanusiaan Aksi Insan Nusantara Indonesia bekerja sama dengan komunitas Sahabat Erdogan Indonesia, telah mengirimkan paket sembako kepada warga terdampak.


Aksi Insan Nusantara Indonesia juga mendistribusikan sajian makan untuk tim evakuasi serta tim keamanan di lokasi gempa.


“Kami telah mendistribusikan 100 bantuan paket sembako bagi warga terdampak dan kami menargetkan hingga 1000 paket,” kata Direktur Aksi Insan Nusantara Indonesia Ricky Hafidz kepada Anadolu Agency.


Ricky mengatakan timnya akan terus berada di Izmir untuk memasok kebutuhan pangan bagi para korban gempa selama satu pekan.

Ricky juga menyampaikan guna mempermudah sampainya bantuan ke lokasi gempa, lembaganya bekerja sama dengan Hayrat Insani Yardim dalam implementasi program darurat.


“Bantuan yang disampaikan untuk warga Izmir adalah bentuk solidaritas dari masyarakat Indonesia,” ucap dia.


Sementara itu, Ikatan Masyarakat Aceh di Turki juga turut berkontribusi dalam meringankan beban warga Turki yang harus menderita akibat gempa.


Muhammad Haykal, Ketua Ikatan Masyarakat Aceh di Turki, menyampaikan juga akan memberikan bantuan uang tunai yang akan dibelikan pangan dan selimut kepada para warga.


“Turki pernah membantu Aceh dan Nias saat dihempas gempa dan tsunami pada 2004 lalu. Dengan program ini, kami ingin menciptakan narasi bahwa kebaikan masyarakat Turki tidak akan pernah kami lupakan dan kami hendak membalas budi kebaikan saudara-saudara kami di Turki,” kata Muhammad Haykal kepada Anadolu Agency.


Ajakan bantu Turki
Muhammadiyah, ormas Islam terbesar di Indonesia, mengajak seluruh umat Islam dan warga bangsa Indonesia untuk berbagi kepedulian terhadap korban gempa di Turki dan Yunani.


“Kepedulian dan sikap berbagi dengan semangat kemanusiaan, hadir membangun taawun (tolong-menolong) untuk saudara-saudara kita di Turki dan Yunani,” kata Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir.


Haedar juga menyatakan bencana gempa tersebut telah menjadi peristiwa global dan mengharapkan peran pemerintah Indonesia untuk dapat berbagi.


“Mudah-mudahan semuanya akan cepat berlalu dan kehidupan menjadi normal kembali,” kata Haedar dalam pernyataannya.


Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah atau LazisMu juga menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji, minuman, face shield, jaket, dan selimut bagi korban gempa di Turki untuk menghadapi musim dingin.

Sumber : (https://www.aa.com.tr/id/)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita