by

Nama Pulau Kecil ini Unik

NarasNews. Sumatra Utara. – Pulau Salah Namo (Pulau Salah Nama). Pulau di Selat Malaka — tepatnya di wilayah Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara — ini, panjangnya sekitar 500 m dan lebar 250 meter.

Asal-usul nama pulau ini, konon tidak layak disebut di depan umum, kecuali bisik-bisik. Masyarakat Melayu Batubara, karena mempertimbangkan etika, kemudian menyebutnya Pulau Salah Namo — penamaan yang salah.

Entahlah ..Sejak kecil, saya sudah berkeinginan ke pulau ini. Namun tidak pernah tercapai, meski jarak kampung kelahiran saya, Simpang Dolok dengan Tanjung Tiram, dermaga menuju pulau tersebut, sekitar 20km.

Pada Sabtu (14/11) sore, saya sampai juga ke pulau ini.OK Faizal Djalil, ketua Kadin Batubara, mengajak saya dan Atal S Depari ke pulau ini.

Jarak tempuh dengan speedboat sekitar 40 menit, melintasi Selat Melaka, yang berair tenang. Nelayan-nelayan menebar jaring dengan perahu yang lamban.

Kami melambaikan tangan, mereka menyambut dengan ramah. Jika naik perahu nelayan, jarak tempuh lebih satu jam.Pulau ini berair jernih.

Ikan dapat dilihat dari kedalaman tertentu. Di pulau ini, ada dua bangunan induk. Satu bangunan berbentuk bongalow, untuk tamu khusus. Satu lagi bangunan dua lantai untuk pengunjung umum.

Kedua bangunan tersebut sudah dimakan usia. Ini antara lain karena pulau ini belum menjadi tujuan utama wisatawan.

Pulau Salah Namo, Kab. Batubara, Sumut. (Foto AKR(Seperti umumnya pulau karang, Pulau Salah Namo ini pun tidak memiliki pantai luas, hanya beberapa meter dari pulau.

Karakteristiknya didominasi bebatuan dan tebing tinggi terjal. Namun pasirnya sangat halus dan putih bersih.Bagi yang suka menyelam dengan peralatan, pulau ini sangat menarik.

Dari kedalaman tertentu, menyusuri air laut jernih, dapat dilihat ikan dan terumbu karang yang memanjakan mata. Begitu juga bagi yang hobi memancing.

Jika ingin melihat bentangan Selat Malaka, perahu-perahu nelayan mencari ikan, pengunjung dapat menaiki puncak pulau ini dengan melawati hutan-hutan.

Ada tangga batu untuk naik. Pada malam hari, konon, lampu-lampu perahu nelayan mencari cumi-cumi terlihat indah.

Tidak jauh dari pulau ini, sekitar setengah jam naik perahu, ada pulau Pandang yang juga indah. Pulau-pulau ini tidak begitu jauh dari Port Klang, Malaysia.

Kabarnya berjarak sekitar empat jam. Pulau ini masih di wilayah Batubara, berjarak sekitar sembilan kilometer dari Pulau Salah Namo.

Alam bawah lautnya indah dengan berbagai terumbu karang. Air jernih, biru. Bagi yang suka snorkeling dan diving, dapat melihat jelas terumbu karang warna-warni.

Di puncak pulau ini terdapat batu belah persegi empat. Batu ini terbelah dengan rapi, seperti sengaja dipotong.

Jika rencana pembangunan Batubara berjalan sesuai rencana, dua pulau ini akan menjadi tujuan utama.

Sumber : (Mimbar News)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita