by

Peringatan HTBS Tahun 2021 Bertemakan “Setiap Detik Berharga.

-Berita-32 views

NarasiNews,Dumai. – “Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2021, merupakan momentum mendorong penetapan Tuberkolosis (TBC) sebagai isu prioritas pembangunan kesehatan Nasional serta harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor”.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi Salioso dalam kata sambutannya pada acara Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia, dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-49 Tahun 2021 di Gedung Pendopo, Dumai. Selasa (23/03/2021).

Pada acara Peringatan HTBS Tahun 2021 dengan tema “Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa Dari Tuberkulosis”, H Herdi Salioso hadir mewakili Wali Kota dan juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Dumai, Ketua DWP Kota Dumai, Kepala OPD terkait, Camat Sekota Dumai, Ketua TP PKK Kecamatan Sekota Dumai, Kepala Puskesmas Sekitarnya Dumai, dan Para Kader PKK.

Pencanangan gerakan bersama menuju eliminasi TBC diluncurkan pada 29 Januari 2020, tujuannya untuk mendorong target Eliminasi TBC tahun 2030. Dimana Presiden RI menyampaikan bahwa upaya penanggulangan TBC ini tidak hanya pada penanganan saja, tapi juga dimulai dari upaya pencegahan. Namun, upaya ini terhenti dan mengakibatkan turunnya persentase laporan infeksi TBC dari 70% menjadi 40% pada akhir tahun 2020.

Pada kesempatan ini, H Herdi Salioso meminta leading sector untuk terus terbuka melakukan sosialisasi, dan penanganan. Jangan sampai ada warga yang menderita TBC namun tidak diketahui dan tidak dilaporkan dengan baik.

“Program (Temukan Obati Sampai Sembuh) TB yang telah dicanangkan Kementrian Kesehatan sejak April 2016, kami harapkan mampu menggerakkan masyarakat untuk turut serta menemukan kasus-kasus TB yang baru dilingkungan sekitar dan memantau pengobatan hingga tuntas,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, beliau menyambut baik kerjasama antara TP PKK Kota Dumai dengan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan pencanangan gerakan screening tuberkulosis massal bagi Pengurus TP PKK Sekota Dumai menuju Eliminasi Tuberkulosis tahun 2030.

“Semoga semakin terbangun kesadaran bersama tentang TBC serta upaya untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Dengan aksi TOSS TB menjadi dasar bahwa setiap pasien TBC, harus ditemukan dan diobati sampai sembuh agar penularannya dapat diberhentikan dan dapat ditekan,” harapnya.(Rozali)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita