by

Polbeng Beri Pelatihan Website Sekolah Agar Terkelola Dengan Baik.

-Berita-102 views

NarasiNews,Bengkalis – Dekade ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sekarang yang terus berkembang, digitalisasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

Efektif efisiensi adalah salah hal positif yang diberikan dalam penggunaan hal ini, salah satunya website sekolah.Namun, pemanfaatan maksimal dari website ini tentunya tidak selalu mulus.

Kendala tak kan pernah lepas dihadapi para pengguna aplikasi ini sehingga perlu mencari cara bagaimana penggunaannya semakin membaik termanfaatkan bagi pemangku kebijakan maupun masyarakat yang menjadi wali murid.

Upaya pun dilakukan pihak sekolah dengan melakukan sharing ke kampus Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng). “Berawal dari permintaan sekolah ke Polbeng tepatnya di Prodi Keamanan Sistem Informasi, beberapa sekolah meminta untuk mendampingi sekolah dalam pengelolaan website,” kata Kasmawi,SKom,MKom seorang narasumber pendampingan kepada awak media beberapa hari lalu melalui pesan WhatsApp-nya.disapa Mawi, dosen Polbeng yang pernah menjadi guru Santa Maria, Pekanbaru ini menambahkan,

“Tujuan kegiatan adalah mendampingi sekolah mengelola website sekolah dalam rangka publikasi informasi.

Sekolah yang hadir di acara yang digelar di salah satu ruangan SMPN 2 Bengkalis ini adalah SDN 1, 50, 31, 40, 20, 23, 52, 21 dan SDN 42 Bengkalis serta SMPN 2, 6 juga SMPN 11 Bengkalis,” tambah mantan Wadir I kampus yang terletak di desa kelahirannya, Sungai Alam ini.”

Dalam kegiatan pendampingan tadi, para peserta diberikan pelatihan secara teknis bagaimana mengelola web, mengisi konten berita, profil sekolah, data guru dan siswa dan data lain untuk kebutuhan sekolah.

Selain itu, juga diberikan materi kiat-kiat bagaimana mempertahankan website agar terus update, dikenal di masyarakat,” pungkasnya.Inilah era digital, di mana pengelola sekolah sudah mulai memikirkan tentang perkembangan digital tranformasi sehingga mau tidak mau kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan harus mengikuti perkembangan tersebut.

“Beberapa sekolah tersebut diatas, sudah berani menuju transformasi digital walaupun dengan biaya yang masih minim,” puji Kasmawi purna anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis tahun 1993 ini di akhir tulisannya.”Pemaparan seorang narasumber tadi, pembuatan website sangat penting.

Salah satunya publik bisa tahu sarana prasarana sekolah, pendanaan sekolah kalau web ini berjalan (dimanfaatkan,red) dengan baik.

Untuk kendala, yang utama itu masalah signal atau jaringan internet,” kata Syamsudin, seorang peserta dari SDN 50 Bengkalis.Saat ditanyakan konten atau isi yang dimasukkan ke web, Syamsudin menyebutkan sifatnya bebas untuk konsumsi publik.

“Kita bisa mengisi data sekolah yang kita sebarkan melalui web kita untuk publikasi sehingga masyarakat tahu kegiatan-kegiatan di sekolah.

Sementara yang mengupload ke web bisa dilakukan operasi sekolah atau ditunjuk langsung oleh kepala sekolah, bisa TU (Tata Usaha) yang ditugaskan oleh kepala sekolah,” sebut Syamsudin.

Untuk keamanan website dari penyalahgunaan orang maupun kelompok yang tidak bertanggungjawab, “Password hanya diketahui sekolah dan pihak pengelola yang membuat web tadi.

Kami hanya dikasih kunci atau password khusus untuk sekolah, yang tahu hanya kepala sekolah dan operatornya. Jika lupa passwordnya kita bisa meresert ulang melalui pengelolanya.

Alhamdulillah, materi yang saya terima telah difahami,” ungkap Syamsuddin yang kala itu menerima materi bukan saja dari Kasmawi,SKom,MKom, tetapi juga dari dua narasumber lain, Mansur,SKom,MKom dan Kamsir,SPd.”Harapannya yaitu supaya sekolah yang belum online dapat menyampaikan informasi terkait sekolah secara online sehingga sekolah tersebut dapat dilihat oleh masyarakat luas di manapun dan kapanpun.

Selain itu, dengan adanya website sekolah secara online, maka dapat dijadikan sebagai wadah bagi sekolah untuk mempromosikan sekolah secara 24 jam,” kata Ketua Tim Pengabdian, Mansur yang menjadi narasumber kepada awak media, Kamis (25/3/2021) siang.(JU)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita