by

Tentara Cina dan India Baku Hantam Gila-gilaan, Apa Masalahnya

-Berita-215 views

NarasiNews, – Puluhan tentara India dan Cina terlibat baku hantam di negara kedua, demikian laporan media India.

Tujuh serdadu Cina dan empat serdadu India kehilangan pertahanan, kata pejabat militer di dekat sektor Naku La, Negara Bagian Sikkim, India di dekat perbatasan Cina. Para komandan kubu kedua kemudian berunding untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi hari Sabtu (09/05) lalu.

China dan India bersengketa soal sungai, banjir dahsyat pun menerjang
India membuka jembatan terpanjang di perbatasan Cina
Cina dan India teken 12 kesepakatan bisnis. Kedua negara sama-sama mengklaim wilayah perbatasan sepanjang 3,400 kilometer,

Terkadang perselisihan perbatasan ini diwarnai adu dada, saling dorong, serta saling melempar batu, seperti diluncurkan editor BBC Asia Selatan, Anbarasan Ethirajan. Ketegangan terbaru terjadi di dekat sektor Naku La di Sikkim, lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut di kawasan Himalaya.

Kedua negara, yaitu Cina dan India, pernah terlibat pertempuran di wilayah perbatasan pada 1962.

Pada 2017 lalu, kedua negara juga membengkokkan wilayah tersebut setelah China mencoba membahas jalan lintas tinggi yang disengketakan. Meskipun kedua negara mengirimkan patroli yang sering dibawa pertikaian fisik, dikirimkan ini tidak ada yang ditembakkan ke lokasi perbatasan, dalam empat dekade terakhir.

Penulis : Red

Sumber : Viva/Caping.co.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita