by

Viral Bajaj Qute: Kendaraan Mungil Beroda Empat, Berikut Faktanya

-Otomatif-602 views

NarasiNews, Jakarta. – Sebenarnya, Bajaj Qute bukanlah kendaraan baru di Indonesia. Tiga tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2017, kendaraan ini dijadikan sebagai pengganti bemo.

Sebelumnya, bemo telah dilarang beroperasi sejak 6 Juli 2017. Melansir laman Bajaj Qute, Qute merupakan kendaraan quadricycle pertama dari India. Selain itu, kendaraan ini juga disebut sebagai kendaraan roda empat pertama yang didesain untuk transportasi dan tidak dapat disebut sebagai mobil sepenuhnya. Qute tidak dapat mencapai kecepatan 90 km/jam dan awalnya difungsikan sebagai pengganti becak otomatis di negara asalnya. Secara umum, kendaraan quadricycle sendiri adalah kendaraan bermotor yang memiliki empat roda dengan kekuatan dan kecepatan yang lebih rendah daripada mobil kecil konvensional.

Baca juga : Serba-serbi Perayaan Pelantikan Jokowi-Maruf, dari Nasi Goreng Gratis hingga Konvoi Bajaj. Di Eropa sendiri, kendaraan quadricycle telah ada selama sekitar tiga dekade.

Kendaraan ini secara resmi menjadi sebuah kelas kendaraan yang juga dikenal sebagai ‘kendaraan berkecepatan rendah’ di AS pada tahun 1998 dan di Kanada pada tahun 2000. Qute didesain untuk perjalanan jarak dekat seperti di dalam kota. Adapun kecepatan maksimal dari kendaraan ini adalah maksimal 70 kilometer per jam. Pembuatan kendaraan ini awalnya bertujuan untuk menurunkan kemacetan, polusi, dan bahaya yang biasanya ditimbulkan oleh mobil yang besar, berat, serta berkecepatan tinggi. Pasalnya, ukuran dari Bajaj Qute cukup mungil, yaitu dengan panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi. 1.652 mm.

Melansir laman Car and Bike, harga dari Bajaj Qute sendiri berkisar antara 2,77 hingga 3,1 Lakh atau sekitar Rp 53,1 juta hingga Rp 59,4 juta.

Bajaj Qute disebut sebagai kendaraan roda empat yang irit. Adapun konsumsi bahan bakar bensin kendaraan ini mencapai 35 kilometer per liter. Selain mesin bensin, Qute juga memiliki pilihan lain, yaitu dengan bahan bakar gas.

Sumber : Kompas.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita