by

WALYATALATTAF ( lemah lembut) AYAT ALQUR’AN Berwarna Merah & Tebal

-Serambi-288 views

NarasiNews, Dumai, – “WALYATALATTAF” Tulisan yang biasanya ditulis dengan tinta merah dalam Al Qur’an. Sebagai penanda pertengahan Al Qur’an.

WALYATALATTAF yang bermakna LEMAH LEMBUT ayat ke 19 di Surat Al Kahfi. Tetapi tulisan berwarna merah ini sudah jarang kita jumpai di dalam Al Qur’an. Cetakan Al Qur’an Timur Tengah sebahagian besar WALYATALATTAF dicetak dengan warna hitam .

Di Indonesia sebahagian besar dulunya WALYATALATTAF ditulis dengan tinta warna merah tetapi di Indonesia pun penulisan WALYATALATTAF sudah mulai dicetak berwarna hitam Tebal.

Tahukan saudaraku semuanya kenapa WALYATALATTAF dicetak warna merah … ??? Ketika Utsman bin Affan ra terbunuh, simbahan darahnya mengenai mus’ab Al Qur’an tepat pada tulisan WALYATALATTAF. Maka penulisan WALYATALATTAF ditulis dengan warna merah untuk mengenang kematian Utsman bin Affan ra.

Walyatalaththaf berasal dari kata latif yang berarti halus dan lemah lembut. Sebuah karakter atau perangai/akhlak. Umat islam harus memiliki perangai yang penuh dengan kelemah lembutan baik kepada siapa saja. Di dalam asmaul husna pun tercantum kata latif, al hakamu al adlul latif. Memberikan hukum yang adil dan penuh kelembutan. Persoalan perbedaan pemahaman dalam kehidupan beragama semestinya bisa terselesaikan dengan mengedepankan karakter latif ini. Bukan dengan kekasaran dan emosi. semua masalah bisa dikomunikasikan apapun itu.

Kalimat “walyatalaththof” artinya ‘hendaknya bersikap lembut’. Kalimat ini dicetak tebal dengan warna merah karena menurut sebagian kalangan, kata ini merupakan bagian tepat “tengah Alquran”, sehingga dalam Alquran cetakan Indonesia, kalimat tersebut diberi tanda khusus. Namun, ciri semacam ini tidak kami temukan dalam Alquran cetakan Timur Tengah. Bisa jadi, warna merah dengan cetak tebal hanyalah inisiatif percetakan Alquran di tempat kita, sebagai penanda bahwa itu adalah bagian paling tengah dalam Alquran.

Allahu a’lam.
(QS. al kahfi :19)

Semoga bermanfaat

Red

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umpan Berita